Kamis, 19 Maret 2015

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI GADGET DI INDONESIA


Gadget? Apa itu Gadget? 


           Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
           Contoh-contoh dari gadget di antaranya telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portabel seperti notebook dan internet).


Handphone sebagai Salah Satu Jenis Gadget Masyarakat 
       Kecepatan dan kemudahan adalah hal yang mutlak dibutuhkan oleh manusia modern jaman sekarang. Orang-orang berlomba-lomba mencari-carinya, dan para produsen berlomba-lomba menyediakan keduanya. Gadget semacam smartphone blackberry dan android mudah saja ditemukan di sekitar kita, bahkan di pelosok desa. Bukan hanya para dewasa dan pekerja saja yang menggunakan, bahkan anak-anak usia sekolah dasar pun sudah ada yang diberi keleluasaan orangtuanya untuk bercengkerama ria dengan benda kecil nan hebat itu. Ada yang memiliki karena memang membutuhkan fitur-fitur yang disediakan, ada juga yang memiliki hanya untuk meningkatkan harga diri di hadapan banyak orang. Ada yang memiliki karena memang untuk memenuhi tuntutan profesionalitas kerja, dan ada juga yang memiliki hanya untuk  meningkatkan gengsi semata.

       Berdasarkan definisi awal, tidak heran jika handphone dikategorikan sebagai salah satu jenis gadget. Berdasarkan fungsinya, handphone adalah jenis gadget yang paling akrab dengan kehidupan manusia sehari-hari. Jenis handphone yang dikenal oleh masyarakat luas sudah sangat banyak.



Perkembangan terjadi dari generasi ke generasi. Penemuan baru selalu menjadi daftar spesfikasi yang dihadirkan untuk melengkapi handphone tersebut. Teknologi canggih yang diterapkan pada handphonesekarang ini antara lain kamera, jaringan internet, peta digital, dan pemutar musik.
Perusahaan-perusahaan telepon genggam juga sudah sangat banyak. Mereka bersaing untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat banyak. Perusahaan telepon seluler tersebut diantaranya Nokia, Samsung, LG, Sony Ericsson dan BlackBerry.
 


3 Top Trend Gadget di Indonesia

      Tren gadget di Indonesia selama tahun 2012 diprediksi masih akan tetap dipegang oleh segmen smartphone, walaupun laptop dan komputer juga masih akan terus tumbuh. Sebab tingkat konsumsi di tanah air akan terus bertambah.
         Seperti yang di diketahui saat ini perkembangan Gadget di indonesia pertumbuhan nya cukup pesat bahkan peminat gadget di indonesia semakin bertambah dan hampir semua kalangan masyarakat indonesia sudah mulai gemar dan menggunakan gadget yang di antara nya seperti BlackBerry, Apple, Android.




1. Apple iPhone
iPhone merupakan salah satu produk ciptaan dari Apple yang sangat menggemparkan dunia saat kemunculannya pertama kali di tahun 2007. iPhone juga sangat digemari dan laris dalam penjualannya diseluruh dunia. Dalam sejarahnya, iPhone mengalami beberapa perkembangan design dan juga teknologinya. Mari Kita Lihat perkembangan sejarah iPhone dari awal hingga saat ini.
Pada tahun 2007, Steve Jobs dan perusahaan Apple memperkenalkan iPhone pertama mereka . iPhone seri pertama itu hanya memiliki fitur-fitur aplikasi bawaan saja tanpa bisa di tambah dengan aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh para developer. Jadi jenis iPhone generasi pertama ini tidak dapat digunakan untuk mendownload aplikasi-aplikasi baru. Walaupun begitu, iPhone seri pertama ini langsung terjual sebanyak 700 ribu di minggu pertama setelah launching.
iPhone seri pertama





 Setahun berikutnya 2008  iPhone 3G dikenalkan oleh Apple. iPhone 3G ini merupakan gadget yang memiliki teknologi yang tercanggih pada masa itu. Dengan tambahan kehadiran App Store yang pada saat itu memiliki sekitar 10ribu buah aplikasi dengan total di download 300 juta kali. Meningkat di banding versi sebelumnya, iPhone 3G laku hingga satu juta unit di minggu pertama. 

iPhone 3G
 Tahun 2009 dirilislah iPhone 3GS dengan peningkatan pada performa khususnya grafis. iPhone 3GS ini merupakan pengembangan dari seri iPhone 3G. Walaupun ditambah dengan performa grafis, teknologi yang digunakan tidak jauh beda dengan tenkologi iPhone 3G sebelumnya. Total aplikasi saat itu adalah ada 85ribu aplikasi di App Store dengan total download mencapai 2 milyar kali.
iPhone 3GS
Tahun 2010 Steve Jobs memperkenalkan iPhone 4. Dari segi design, fitur, dan spesifikasi, iPhone 4 mengalami perubahan yang sangat signifikan dari seri sebelumnya.  Menurut data, pada tahun 2010, sebuah penelitian bahkan mengungkapkan  satu dari tujuh orang yang memiliki smartphone menggunakan iPhone. iPhone 4 memecahkan rekor penjualan iPhone dengan terjual sebanyak 1,2 juta unit di minggu perdana perilisannya.
iPhone 4
 Tahun 2011 iPhone 4S yang memiliki takdir serupa dengan iPhone 3Gs. Memiliki desain yang identik dengan iPhone 4, iPhone 4S dibekali banyak teknologi terkini seperti kamera 5 lensa beresolusi 8 megapixel, chip A5 yang memiliki kecepatan hingga 2x chip A4 dan proses grafis yang lebih ngebut hingga 9x. Tidak kurang dari 4 juta iPhone 4S terjual di minggu pertama rilis nya. Saat ini sesuai dengan klaim Apple sudah lebih dari 500ribu aplikasi di App Store dengan developer sudah mendapat bayaran hingga lebih dari 3 milyar dolar sebagai bagian perjanjian bagi hasil 70-30 di App Store.
iPhone 4S
Iphone 5
      iPhone 5 memiliki bodi 18 persen lebih tipis dan 20 persen lebih ringan ketimbang pendahulunya. Ketebalannya 7,6 milimeter dan bobotnya 122 gram. Layarnya juga lebih besar. Seperti yang sudah diisukan akhir-akhir ini, bentang layar ponsel ini selebar 4 inci.
      Salah satu fitur baru iPhone 5 adalah kamera 8 megapiksel yang dianggap lebih bagus ketimbang iPhone 4S yang juga memakai kamera 8 megapiksel. Apa perbedaannya?
       Salah satu yang berbeda  adalah iPhone 5 memiliki kamera yang lebih mungil, namun bisa menangkap gambar 40 persen lebih cepat daripada iPhone 4S. 








2. Blackberry

BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia


      Pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub, saat itu perusahaan Starhub yang memang rekan utama dari RIM ( Research In Motion ). KemudianPasar blackberry diramaikan oleh dua operator besar di tanah air yaitu Excelcom dan Telkomsel. Pada November 2010 blackberry akhirnya membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Keunggulan blackbery

            Mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll). Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia. 
Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjadi sebuah fenomena (saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry).

         BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger yang bernama BlackBerry Messenger (BBM) yang berjalan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas unik dari setiap ponsel BlackBerry (PIN).
Semua layanan BlackBerry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. Untuk browsing Internet, data-data dari website sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.

              Fasilitas lain yang menjadi andalan BlackBerry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan BlackBerry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk “mengobrol” (chatting) di Internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant(PDA). Tetapi yang berbeda pada BlackBerry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel.
Melihat fenomena BlackBerry yang digemari masyarakat karena keunggulan fasilitas komunikasinya, membuat banyak perusahaan IT berkembang dan berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang paling mutakhir untuk pengguna BlackBerry. Salah satu diantaranya adalah aplikasi Intar.

              Keunggulan lain juga hadir melalui teknologi kompresi yang menyebabkan biaya akses menjadi murah dan pemberitahuan jawaban pesan melalui tanda getar pada BlackBerry.
Penggunaan BlackBerry semakin meluas dengan hadirnya fasilitas koneksi BlackBerry (BlackBerry Connect). Dengan BlackBerry Connect, pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam BlackBerry untuk memanfaatkan BlackBerry Internet Solution. Pengguna hanya perlu menginstalasi BlackBerry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, kita bisa memanfaatkan BlackBerry Internet Solution.

3. Android
               Semakin berkembang aplikasi mobile maka, terciptalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan untuk perangkat mobile berbasi linux yaitu android. Pada awalnya sistem operasi ini dikembangkan oleh Android Inc. yang kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Dalam usaha untuk mengembangkan Android, pada tahun 2007 dibentuklah Open Handset Alliance(OHA), sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan dengan tujuan untuk mengembangkan standar terbuka untuk perangkat mobile. Kelebihan dari android sendiri bagi para pengembang aplikasi mobile adalah dengan software Development Kits (SDK) yang lengkap, dilengkapi dengan emulator yang membantu untuk menguji coba aplikasi yang dibuat serta dokumentasi yang lengkap. Serta tidak ada biaya lisensi untuk memperoleh SDK ini. Android merupakan pilihan yang tepat untuk pengembang.


            Selain dari segi pengembang aplikasi mobile, android juga mempunyai kelebihan dari sisi pengguna android (user). Android menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembang. Setiap aplikasi memiliki tingkatan yang sama. Android tidak membedakan antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga. API yang disediakan menawarkan akses ke hardware maupun data-data ponsel sekalipun, atau data system sendiri. Bahkan pengguna dapat menghapus aplikasi inti dan menggantikannya dengan aplikasi pihak ketiga. Disinilah yang membuat OS android berbeda dengan OS mobile lainnya. User dapat dengan mudah mendapatkan berbagai aplikasi yang uptodate,hanya tinggal mendownload saja. Sehingga user dapat dengan leluasa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Contohnya ada beberapa aplikasi yang sudah siap untuk di download oleh user android seperti mapping, pariwisata, cara memasakdengan resep jitu dll. Aplikasi-aplikasi tersebut merupakan aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh pengembang menggunakan android. Jadi android mempunyai kelean bagi bihara pengembang aplkasi-aplikasi mobile (aplikasi pihak ketiga) dan juga sebagai pengguna mobile android dapat dengan mudah mendapatkan berbagai aplikasi pihak ketiga tersebut. Cukup dengan mendownload nya di tempat browser yang tersedia di mobile tersebut

                
       

Dampak Pemakaian Smartphone bagi Masyarakat
Pada dasarnya smartphone dikhususkan bagi para pebisnis untuk menjalankan aktivitasnya dengan mobilitas tinggi. Mereka membutuhkan internet dengan kecepatan yang lebih cepat, download, lampiran pada e-mail,dll. Layanan 3G pada smartphone adalah layanan seluler dengan transfer data bekecepatan tinggi. kecepatan transfer minimal layanan 3G adalah 3 megabyte (MB) per detik. Dengan kecpatan tersebut, pelanggan dapat menikmati layanan baru,seperti menonton video klip hingga televise di ponsel, akses internet berkecepatan sangat tinggi, atau konferensi video.
Ponsel keluaran terbaru yang berbasis android berarti berbasis Open Source, yaitu siapa saja berhak menciptakan dan mengembangkan aplikasi untuk android. Smartphone android cukup menyenangkan dan canggih sebagai  suatu terobosan positif terutama  bagi para programmer . Namun, aplikasi yang telah diciptakan oleh developer Indonesia belum semuanya dapat diterima karena Google belum terlalu membuka diri untuk semua negara yang mendaftarkan aplikasinya.
Penjelasan diatas adalah beberapa keuntungan dari semakin pesatnya kemajuan teknologi. Namun, setiap keadaan selalu memiliki pro dan kontra. Maka dari itu, maju nya sistem informasi juga dapat berakibat buruk dalam beberapa hal.
Dampak negatif pemakaian smartphone, diantaranya:
 Memudahkan sekelompok orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan.
- Dalam hal kesehatan, dampak negatif dari penggunaan ponsel adalah radiasi sebuah ponsel dapat merusak otak.
-Kemajuan teknologi  telepon genggam yang dipergunakan untuk menyimpan dan mengedarkan gambar dan video porno.
- Dapat merusak mata bila terlalu lama menatap ke layar handphone.
-Membuat seseorang menjadi lebih individualis, jarang bersosialisasi dengan orang lain secara langsung karena sibuk dengan handphone nya.

Dampak positif pemakaian smartphone , diantaranya:
-Lebih mempermudah komunikasi dengan seseorsng yang jaraknya jauh.
-Menambah wawasan dan mengetahui berita terkini.
-Banyak aplikasi yang yang menghibur dan dapat mempermudah pekerjaan.
-Menghilangkan rasa stress dengan mendengarkan music ataupun bermain game.
-Fungsinya sama dengan komputer namun dalam bentuk yang lebuh kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar